Home Top Ad

Sistem Informasi Ujian Online

Share:

Ujian online (Online Test) merupakan salah satu metode penilaian hasil pembelajaran atau mengukur tingkat kemampuan seseorang menggunakan komputer. Metode pembelajaran seperti ini sangat membantu untuk proses penilaian hasil belajar, karena penilaian seperti ini sangat akurat dan meminimalisirkan terjadinya human error, berbeda dengan ujian manual menggunakan lembar jawaban kertas. Faktor kecurangan dan contek mencontek sesama siswa masih sering terjadi pada proses ujian tertulis dan guru sebagai pemberi hasil nilai akhir masih mengalami kesulitan dalam menilai lembar jawab siswa satu persatu.
pada kesempatan ini, kami akan membagikan kembali sebuah aplikasi berbasis web untuk ujian online. aplikasi ini terdiri dari menu manajemen soal yang digunakan untuk menambah, mengubah atau menghapus soal ujian. pada aplikasi ini siswa mengerjakan soal tidak menggunakan kertas, tapi langsung mengerjakan pada browser dengan sebelumnya siswa harus login lebih dahulu.
untuk menggunakan cms ini anda harus lebih dulu menginstall web server. kami merekomendasikan xampp sebagai web server. setelah xampp di install, silahkan jalankan aplikasi xampp dan pastikan service apache dan mysql berjalan (running). kemudian copy file hasil download ke folder htdocs pada direktory xampp. jika anda menginstall xampp pada drive D maka copy file hasil download ke D:/xampp/htdocs. setelah dicopy ekstrak file tersebut sehingga diperoleh folder dengan namaujian_online. 
jalanakan PHPmyAdmin pada browser untuk melakukan import database. setelah itu buat database baru dengan nama ca_tes. setelah database dibuat, klik menu import dan cari lokasi dari file ca_tes.sql lalu klik tombol go. pastikan seluruh tabel yang dibutuhkan berhasil di import dan tidak muncul pesan error. kemudian ubah file koneksi dan pastikan variabel-variabel hostname, username, password dan database terisi dengan benar.
setelah semua langkah dilakukan selanjutnya jalankan web portal lokomedia dengan cara mengetikkan pada browser localhost/ujian_online.
demikian penjelasan yang dapat kami berikan selamat mencoba dan semoga berhasil. dan terus kunjungi website ini untuk mendapat tips dantrik, tutorial serta aplikasi lainnya.